Cari Blog Ini

APAKAH Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi

 

APAKAH Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi

IKM

 

SIMAK PENJELASANNYA DISINI

Apa Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi ? Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerbitkan Keputusan Kepala BSKAP Nomor 034/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023. 

DI jelaskan bahawa di dalam  SK tersebut terdapat sekolah-sekolah dapat menjadi dalam katagori IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi. dan dalam hal tersebut saat ini hingga 5 Juli 2022 yang akan datang dan seterusnya, Pihak sekolah- sekolah di kasih kesempatan untuk melakukan perubahan katagori jenis (jalur) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan pemilihan tersebut.

Dalam bacaan ini dapat kita pahami bahwa apa saja Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan IKM Mandiri Berbagi.

Dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 1919/B1.B5/GT.01.03/2022 tertanggal 19 April 2022 maupun dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 2774/H.H1/KR.00.01/2022 Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023 tertanggal 28 Juni 2022 dinyatakan bahwa Perbedaan IKM Mandiri Belajar, IKM Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi adalah sebagai berikut:

  1. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri Belajar, Kepala Sekolah dan Guru menerapkan komponen atau prinsip kurikulum merdeka dengan tetap menggunakan kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan (Kurikulum tahun 2013, Kurikulum Darurat).
  2. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri Berubah, Kepala Sekolah dan Guru mulai tahun ajaran 2022/2023 menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 atau kelas 10.
  3. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jalur Mandiri Berbagi, Kepala Sekolah dan Guru dalam tahun ajaran 2022/2023 menerapkan kurikulum merdeka dengan melakukan pengembangan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 atau kelas 10.

Bagaimana Langkah-langkah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diajurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi? Berikut ini penjelasannya sebagaimana telah disampaikan dalam Surat Edaran GTK Kemdikbud Nomor 1919/B1.B5/GT.01.03/2022, Persiapan dan Langkah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yakni sebagai berikut:

  1. Unduh dan pasang (install) Platform Merdeka Mengajar pada gawai Android atau akses melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Melakukan login dengan akun belajar.id yang dimiliki masing-masing sekolah
  3. Menyaksikan video implementasi kurikulum merdeka per jenjang melalui fitur video inspirasi atau melalui laman https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/
  4. Mengikuti pelatihan mandiri kurikulum merdeka di Platform Merdeka Mengajar atau melalui laman: https://guru.kemdikbud.go.id/
  5. Mempelajari asesmen dan perangkat ajar kurikulum merdeka di Platform Merdeka Mengajar atau melalui laman: https://guru.kemdikbud.go.id/
  6. Mengikuti sesi berbagi praktik baik kurikulum merdeka di Platform Merdeka Mengajar pada fitur Bukti Karya Saya atau melalui laman: https://guru.kemdikbud.go.id/
  7. Mengikuti komunitas belajar kurikulum merdeka di Platform Merdeka Mengajar atau melalui laman: https://guru.kemdikbud.go.id/\
  8. Lebih jelasnya di sini 

     Dalam tahapan tersebut sudah haru dilakukan oleh Pihak Sekolah-sekolah yang akan mendaftarkan ke IKM

    secara Rinci bahwa Penjelasnnya di sini

    1. IKM MANDIRI BELAJAR

    Jadi sekolah masih tetap dapat menerapkan Kurikulum Darurat. Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Pendidik masih bisa menggunakan kurikulum yang diterapkan saat ini pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10

    2. IKM MANDIRI BERUBAH

    IKM Mandiri Berubah diterapkan pada pendidikan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 dan atau kelas 10. Pada sekolah yang memilih kurikulum ini berarti harus melakukan penyesuaian dengan kelengkapan alat penunjang pendidikan yang ada. Proses ini bisa disebut dengan separuh dari penerapan kurikulum dengan kondisi yang memungkinkan.

    3. IKM MANDIRI BERBAGI

    Pada implementasi kurikulum ini, sekolah dapat mengembangkan model kurikulum merdeka. Satuan sekolah ini juga dapat mengembangkan perangkat ajar sendiri untuk tingkatan PAUD, kelas 1, kelas 4, kelas 7 dan atau kelas 10.

     


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel