KISI-KISI US KELAS 6 PERMAPEL TERBARU
Kisi-kisi soal merupakan bagian penting dalam membuat soal karena lebih mudah membuat soal dengan kisi-kisi soal yang paling luas.
Pada tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah, khususnya guru kelas atau guru mata pelajaran kelas 6, dibuat kisi-kisi soal atau disiapkan sebelum ujian akhir.
Tujuan penataan kisi-kisi soal US/UM Semester Genap dalam penyusunan soal ujian adalah untuk memastikan cakupan materi yang digunakan sebagai soal ujian dan sebagai pedoman dalam penyusunan soal ujian.
Silabus Kelas Matematika US-UM Semester I sampai II Tahun 2013
Saya membantu bapak ibu guru menyiapkan kisi-kisi soal ujian sekolah. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan 2013. perMAPEL yaitu Mapel B.indonesia. IPA. IPS. MATEMATIKA, B,Inggris, PPKN, SBDP dan PJOK Jika Anda menginginkannya, unduh dari tautan di bawah ini.
Baca Juga
Soal-soal US Kelas 6 Disini
Prediksi Soal US Kelas 6 Disini
Berikut kami lampirkan Kisi-kisi Soal US Kelas 6 Tahun 2022-2023
PerMAPEL Download disini
No |
Subject |
Lingkup Materi |
Materi |
1. |
Bahasa Indonesia
|
Membaca Nonsastra |
· Informasi tersurat teks · Antonym / Sinonim · Unsur teks ( kalimat utama / penjelas ) · Makna kata / Istilah
|
|
· Makna tersirat teks · Pernyataan sesuai isi teks · Ide pokok paragraf
|
||
|
· Jenis – jenis paragraf
|
||
|
· Prediksi kejadian berdasarkan isi teks · Membandingkan isi teks · Pokok pikiran
|
||
Membaca Sastra |
· Informasi tersurat pada karya sastra · Unsur intrinsik karya sastra · Makna kata / symbol / kias
|
||
|
· Informasi tersirat karya sastra · Menyimpulkan / memaknai bagian teks
|
||
|
· Prediksi kejadian berdasarkan isi cerita
|
||
Menulis Terbatas |
· Istilah / kata · Ungkapan · Peribahasa · Petunjuk membuat sesuatu · Teks Laporan · Melengkapi iklan · Teks Pidato · Ejaan · Tanda Baca
|
||
Menyunting kata / isitlah, frase, kalimat, paragraph, ejaan dan tanda baca
|
· Teks bacaan · Menanggapi teks bacaan ( narasi ) · Teks laporan · Dongeng
|
||
2. |
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) |
Menghubungkan antara bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan tumbuhan |
· Bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan tumbuhan |
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan |
· Penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya |
||
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup |
· Siklus hidup makhluk hidup |
||
Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
· Cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
||
Menghubungkan ciri pubertas pada laki – laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi |
· Ciri – ciri pubertas pada laki – laki dan perempuan |
||
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
· Alat gerak hewan dan manusia |
||
Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernafasan manusia |
· Organ pernafasan pada manusia |
||
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ perncernaan manusia |
· Organ perncernaan manusia |
||
Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia |
· Organ peredaran darah manusia |
||
Menerapkan sifat – sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran |
· Sifat – sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengarannya |
||
Menerapkan sifat – sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan |
· Sifat – sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
|
||
Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari – hari |
· Perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari – hari |
||
Mengindentifikasi sifat – sifat magnet dalam kehidupan sehari – hari |
· Sifat – sifat magnet dan kegunaannya |
||
Menghubungkan jenis gaya ( otot, gravitasi, gesek, listrik dan magnet ) dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar |
· Jenis – jenis gaya dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari – hari |
||
Mengidentifikasi berbagai sumber energy, perubahan bentuk energy, dan umber energy altenatif ( angina, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organic dan nuklir ) dalam kehidupan sehari – hari |
· Sumber energy da perubahan bentuk energy |
||
Mengindenfikasi komponen listrik dan fungsinya serta menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan dan menghemat energy listrik |
· Sumber energy listrik dan penggunaannya |
||
Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam dilingkungannya |
· Pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam |
||
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup |
· Siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup |
||
Menjelaskan system tata surya dan karakteristik anggota tata surya |
· Sistem tata surya |
||
Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari, revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari |
· Peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta gerhana bulan da matahari
|
||
|
|
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. |
· Hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. |
3. |
Matematika |
|
l Operasi hitung bilangan cacah l Operasi hitung bilangan bulat l Operasi hitung bilangan pangkat dan akar l FPB dan KPK l Pecahan l Perbandingan dan skala l Satuan ukur kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, dan satuan volume l Sifat-sifat, keliling, dan luas bangun datar l Sifat-sifat bangun ruang, volume dan luas permukaan l Koordinat kartesius l Simetri dan pencerminan l Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang dan diagram lingkaran l Rata-rata hitung, median dan modus
|
4. |
Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan |
Bentuk Negara |
· Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Nilai – nilai Persatuan dan kesatuan |
· Nilai persatuan di rumah · Nilai persatuan di sekolah · Nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat · Nilai persatuan dan kesatuan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara
|
||
Pancasila |
· Makna yang terkandung dalam buti pancasila · Nilai – nilai pancasila · Perilaku yang sesuai dengan butir Pancasila · Sikap yang sesuai dengan butir Pancasila
|
||
Keberagaman |
· Makna Bhinneka Tunggal Ika · Pentingya menjaga persatuan · Sikap persatuan bangsa · Pentingnya hidup dalam keberagaman · Perilaku keberagaman budaya bangsa · Budaya bangsa · Manfaat keberagaman dalam, bidang sosial ekonomi
|
||
5. |
Seni Budaya dan Prakarya ( SBDP ) |
Reklame |
· Pengertisn reklame · Jenis – jenis reklame · Pengertian poster · Cara membuat poster dan reklame · Langkah – langkah membuat reklame dan poster
|
Interval nada |
· Menentukan Jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain · Menentukan interval Tangga nada · Menentukan ciri-ciri tangga nada diatonis · Menentukan asal sebuah lagu daerah · Menentukan ciri pola lantai tari kreasi baru · Peserta didik menentukan sifat-sifat tari kreasi daerah · Menentukan fungsi Tata rias dalam tarian · Menentukan hal yang mempengaruhi Keunikan tari daerah · Menentukan daerah asal tari tradisional · Pengertian pola lantai · Menentukan pasangan alat dan bahan untuk membuat patung · Menentukan jenis – jenis patung · Menentukan Teknik pembuatan patung yang tepat dari tanah liat · Ciri – ciri sebuah patung · Menentukan bahan yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan karya seni patung · Menyebutkan contoh bahan patung yang dibuat dengan teknik butsir · Pembuatan patung berdasarkan jenisnya · Alat yang digunakan untuk membuat karya seni patung |
||
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) |
Karakteristik ruang dan pemanfaatan Sumber Daya Alam |
· Mengelompokkan Sumber Daya Alam berdasarkan kriteria tertentu · Jenis – jenis tumbuhan yang dapat hidup dengan subur sesuai dengan karakteristik wilayah tertentu · Jenis – jenis sumber daya alam serta wilayah asalnya · Fungsi lingkungan hidup · Jenis – jenis mata pencaharian yang sesuai dengna sumber daya alam · Pengelompokan fauna dan flaura di wilayah Indonesia
|
Kerajaan Hindu Budha dan Islam |
· Peninggalan sejarah di Indonesia |
||
Keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama |
· Jenis – jenis budaya di Indonesia · Interaksi sosial masyarakat · Jenis – jenis interaksi sosial · Dampak positif dan negative interkasi sosial |
||
ASEAN |
· Pengertian asean · Negara dan Tokoh pendiri ASEAN · Kondisi geografis Negara ASEAN · Sungai yang mengalir di Thailand · Batas Wilayah Negara ASEAN · Keadaan ekonomi Negara ASEAN · Kondisi alam Negara ASEAN · Peran Indonesia dalam ASEAN · Kerjasama ASEAN dalam bidang eknomi, sosial, budaya dan politik
|
||
Tokoh dan penemuannya |
|
||
Modernisasi Masyarakat Indonesia |
· Ciri – ciri masyarakat modern · Dampak positif dan negatif modernisasi · Perubahan sosial masyarakat |
||
Makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
|
||
7.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ( PJOK ) |
|
· Variasi gerak dasar lokomotor ( jalan, lari dan lompat dalam permainan bola basket · Variasi gerak dasar lokomotor ( langkah kaki dan lompat ) pada permainan bulu tangkis · Pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular ( influenza, penyakit kulit, muntaber, demam berdarah, dan chikungunya · Pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit tidak menular ( sariawan, maag, migraine dan asma ) · Bahaya merokok dan upaya pencegahan merokok · Bahaya NAPZA dan obat lainnya ( dampak NAPZA serta obat lainnya seta upaya untuk pencegahannya · Macam – macam gaya renang · prosedur kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. · Rangkaian tiga pola gerak dominan (handstand dan headstand, sikap lilin serta meroda) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam · Prosedur kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. · Pemeliharaan kebersihan alat reproduksi |
KISI – KISI US
ENGLISH
6 TA. 2022 - 2023
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
3.1 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Present tense:hobby/hobbies) bertema Lagu Sirih Kuning |
Hobby/Hobbies |
|
||
3.5 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Asking about procedure: food and drinks) bertema Membuat Bir Pletok |
Food and Drinks |
|
||
3.8 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Present Tnese: adverb of time, seasons, and weathers)bertema Permainan Bentengan |
Weather and Seasons |
|
||
3.3 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Asking and giving opinion: public places, future tense) bertema Stasiun, terminal, pelabuhan, dan bandara |
Public Places |
|
||
3.7 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Present tense: modal, day, date, month, year) bertema hidroponik |
Simple Present Tense, Date, Day, Month, Year |
|
||
3.8 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (adverbs of frequency, transportation) bertema Lalu lintas dan angkutan jalan umum |
Transportation |
|
3.1 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (The future tense: will) bertema lagu Ondel-Ondel Lobang |
Future Tense (Will) |
3.2 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (asking and giving response: will) bertema Membuat Maket Rumah Betawi |
Simple Future Tense |
|
||
3.3 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Announcing future action:will) bertema Menarikan Lagu Ondeel- Ondel |
Simple Future Tense |
3.4 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (To be going to and will) bertema Palang Pintu |
Palang Pintu |
|
||
3.5 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Future adverbs of time) bertema Membuat Es Selendang Mayang |
Future Adverbs of time |
3.6 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Telling one's future plan) bertema Asal nama Jalan dan Kampung di Jakarta |
Simple Future Tense |
|
||
3.7 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (The use of Will + need/use) bertema Membuat Batik Betawi |
Simple Future Tense |
3.8 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (WH-Question in future tense) bertema Permainan Galasin |
Simple Future Tense |
|
||
3.1 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Past Verb) bertema Permainan Keripik Jengkol |
Past Verb |
|
||
3.2 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Regular & Irregular Verb) bertema Jalan Jurus (jurus 5 dan 6) |
Past Verb |
|
||
3.3 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sederhana (Expressing feeling in the past using was/were) bertema MRT dsn LRT |
to be (Past Tense) |
|
||
3.4 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Asking and giving response about one's past activity using was/were) bertema Taman Lalu Lintas |
to be (Past Tense) |
|
||
3.5 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Reporting one's past activity) bertema Upacara Kematian |
Past Activity |
|
3.6 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Adverb of time in past tense) bertema Pusat Perbelaanjaan |
Past Adverb of time |
|
||
3.7 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Past Verb-Present Verb) bertema Taman Khas Jakarta |
Past verb-Present Verb |
|
||
3.8 |
Memahami instruksi lisan dan tulisan yang melibatkann kata, frasa, dan kalimat sederhana (Reported speech: he said that …) bertema Tri Siap Lalu Lintas |
Reported Speech |
|
KISI – KISI US
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )
TA. 2022 - 2023
No |
Materi |
Lingkup Materi
|
||||
Al Qur’an |
Aqidah |
Akhlaq |
Fiqh |
Sejarah Peradaban Islam |
||
|
Pengetahuan dan Pemahaman (Level 1): • Mengingat kembali • Mengidentifikasi • Mengungkapkan kembali • Mengutip • Menafsirkan • Mengklarifikasi • Menerjemahkan • Memberikan contoh • Mengklasifikasikan • Mengelompokkan • Merangkum • Menyimpulkan • Membandingkan • Memetakan • Mencocokkan • Menjelaskan |
Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil |
· Al-Asmaal- Husna: al- Wahhab, al-‘Alim, as-Sami’ al-Mumit, al- Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad
· Iman kepada kitab Allah |
· Manfaat gemar membaca |
Tata cara bersuci
Tata cara salat dan bacaannya |
Kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. |
|
Aplikasi ( Level 2) •Melaksanakan •Mengimplementasikan |
• Q.S. an-Nasr dan Q.s. al-Kausar
• Q.S. at-Tin dan Q.S. Al- Maun |
• Al-Asmau Husna: al- Quddus, as- Salam, dan Al-Khaliq |
•Perilak u Hidup bersih dan sehat
· Perilaku tawaduk, |
Tata cara bersuci dari hadas kecil |
Kisah keteladanan Wali Sanga
Kisah keteladanan |
|
|
Q.S. al-Kafirun
Q.S. al- Maidah/5:2-3 dan
Q.S. al- Hujurat/49:12- 13 |
Al-Asma al- Husna: as- Samad, al -Muqtadir, al- Muqaddim, dan al-Baqi
Iman kepada Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi Iman kepada qada dan qadar |
ikhlas dan mohon pertolongan
Perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari Perilaku jujur dalam kehidupan sehari - hari
Perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
Salat tarawih dan tadarus
Al-Qur`an |
Nabi Dawud a.s. |
|
Penalaran (Level 3): • Membedakan • Memilah • Memfokuskan • Memilih • Mengorganisasikan • Menemukan • Memadukan • Membuat Garis Besar
|
• Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al- Ikhlas • Q.S. an-Nas dan Q.S. al-Asr • Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Mā’ūn •Q.S. al-Kafirun, Q.S. al- |
• Asmaul - Husna : Al - Basir, Al-‘Adl, dan Al -‘Azim
•Iman kepada malaikat Allah Swt. |
•Sikap santun dan menghargai teman, baik di Rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar |
•Hikmah Ibadah salat
• Zikir dan doa setelah shalat |
• Kisah keteladanan Luqman a.s.
•Kisah keteladanan Nabi Muhamad saw. |
|
· Menguraikan · Menstrukturkan · Mengatribusi · Memeriksa · Mengkoordinasi · Mendeteksi · Memonitor · Menguji · Mengkritik · Menilai · Merumuskan · Membuat hipotesis · Merencanakan · Mendesain · Menghasilkan · Mengkonstruksi
|
Q.S. Maidah :2-3 dan Q.S. al- Hujurat:12-13
|
•Iman kepada hari akhir
|
•Perilaku saling menghargai sesama manusia
•Sikap toleran terhadap sesama dan simpatik terhadap sesama
|
•Hikmah Puasa Ramadan
•Hikmah Zakat, infaq dan sedekah
|
•Kisah keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.
•Kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|